Panduan Pelaksanaan Dauroh Ijtima’i 1
Manhaj 1427 H
1. Output
Terbangunnya Sensitivitas Sosial Kader
2. Materi dan Metode
No
|
Materi
|
Fokus Materi
|
Metode Pembelajaran
|
1
|
Da’wah Syabi’ah
|
n Urgensi, Prinsip & langkah-langkah da’wah Syabi’ah
|
Ceramah dan diskusi
|
2
|
Analisis Realitas
Masyarakat
|
n Aspek Ekonomi, Sosial, Budaya, Kesehatan, Pendidikan,
dan Agama
|
Observasi dan
Diskusi
|
3
|
Perilaku Masyarakat
& lingkungan sosial
|
n Mengetahui teori-teori dan bentuk-bentuk perilaku masy.
& memahami metode pendekatan
|
Ceramah, Observasi
dan Diskusi
|
4
|
Metode pendekatan
kepada Masyarakat
|
n Bentuk-bentuk pendekatan pd Masy.Mapping
kebutuhan dan strategi mendekati masy.
|
Ceramah dan Simulasi
|
5
|
Mengenal Organisasi
Volunteer
|
n Definisi Volunteer
n Ciri-ciri Organisasi Volunteer
n Produk Organisasi Volunteer: Ide dan jaringan
|
Ceramah
|
Panduan Pelaksanaan Dauroh Qur’an
Manhaj 1427 H
1.
Tujuan Umum
AB 1 paham bahwa fikroh KAMMI adalah Al Qur’an.
2.
Tujuan
Khusus
·
AB 1 memiliki motivasi
tinggi untuk gemar bertilawah (bersemangat untuk bisa).
·
AB 1 memiliki motivasi
untuk menjadikan AL Qur’an sebagai kekayaan hati, sehingga rajin menghafal
sesuai kemampuan.
·
AB 1 termotivasi untuk
selalu AL Qur’an mainded dalam segala amalan.
3.
SUSUNAN ACARA
·
Daftar
ulang
·
Pembukaan (Basmalah, tilawah, sambutan ketua panitia, ketua komsat, ketua
Departemen Kaderisasi KAMMDA/ Ketua KAMMDA Semarang, hamdalah)
·
Materi I “Mengenal Lebih Jauh tentang Qur’an”
·
Istirahat
·
Materi
II “Akhlaq terhadap Qur’an”
·
Istirahat (Sholat Dzuhur,
makan)
·
Materi
III “Ilmu Tafsir”
·
Istirahat (Sholat Ashar)
·
Materi III - lanjutan “Ilmu Tafsir”
·
Istirahat (Sholat Maghrib,
makan, tilawah, sholat Isya’)
·
Tasmi’
Qur’an
·
Istirahat (Tidur, Qiyamul
lail, Sholat Shubuh, Tilawah, dzikir )
·
Materi
IV “Menghapal Qur’an”
·
MCK, Sholat Dhuha
·
Materi V “Membaca Qur’an dengan Benar”
·
Penutupan (Basmalah,tilawah, sambutan-sambutan, kesan-pesan, do’a, hamdalah
dan kafaratul majelis)
2.
WAKTU
Di tengah berlangsungnya Madrasah KAMMI. Kurang lebih
tiga atau empat bulan setelah berjalannya Madrasah Kammi. Berdasarkan asumsi
bahwa Madrasah KAMMI berjalan dengan baik.
Sehingga timbul kebutuhan untuk mengenal Al Qur’an lebih jauh lagi.
3.
PENANGGUNG
JAWAB
Departemen Kaderisasi Komisariat, atau gabungan
komisariat.
4.
Materi
·
Mengenal Lebih
Jauh tentang Qur’an
·
Akhlaq terhadap Qur’an
·
Ilmu Tafsir
·
Tasmi’ Qur’an
·
Menghapal Qur’an
Membaca
Qur’an dengan Benar
0 komentar:
Posting Komentar